Powered By Blogger

Entri Populer

Rabu, 16 November 2011

PENGAMATAN TERHADAP PROSTISTA


PENGAMATAN
BERBAGAI PROTISTA

Tujuan :
Mengenal berbagai protista

Alat dan bahan :
  1. botol
  2. mikroskop
  3. kaca benda
  4. kaca penutup
  5. tisu
  6. air kolam ( dasar pagi hari dan siang hari, permukaan pagi hari dan siang hari)
  7. air sawah.
  8. air depan lab biologi
  9. pipet tetes

Cara Kerja :
  1. Kami mengambil air kolam ( pada dasar pagi hari dan siang hari, permukaan pagi hari dan siang hari), dan air sawah menggunakan botol.
  2. Kami mengambil sedikit air dalam botol, dengan pipet tetes. Kemudian menaruhnya di kaca benda, dan menutupnya dengan kaca penutup.
  3. Kami meletakan kaca preparat di atas meja preparat dan mengamatinya melalui mikroskop dengan cahaya yang sesuai.
  4. Karena protistanya sangat sedikit tampak, kami mencoba mengambil air yang berisi gumpalan kotoran, karena sesuai hipotesis akan lebih banyak protista pada gumpalan kotoran.
  5. Kami mengulang cara kerja no 2 sampai 3.
  6. Kami menggambar jenis protista yang telah berhasil kami amati, dan membuat keterangan-keterangan lainnya.

Hasil Pengamatan :
  1. Protista ini kami dapatkan melalui pengamatan terhadap air kotor yang ada di got depan lab biologi, yang kami ambil langsung saat hari praktikum.
Protista yang kami dapatkan berbentuk koma, cara geraknya yaitu memutar (melengkung) sesuai lekukan tubuhnya. Protista ini berwarna kehijau-hijauan.


  1. Protista kedua yaitu protista yang kami amati dari pengamatan terhadap air kolam bagian dasar pada siang hari, yang kami temukan yaitu protista jenis flagelata. Bentuknya lonjong dan tentunya memiliki flagel. Bergerak dengan lincah dengan menggunakan flagelnya sebagai alat gerak. Berwarna coklat muda.
  2. Protista ketiga yaitu  protista yang kami lihat melalui pengamatan terhadap kolam bagian dasar pada siang hari, yang kami temukan adalah protista jenis flagelata. Betuknya bulat, memiliki flagel, bergerak memutar-mutar  cepat tubuhnya. Warnanya kehitaman.
  3. Protista keempat yaitu protista yang kami lihat di air kolam dasar pagi hari, bentuknya memanjang, protista ini bergerak melekukan tubuh ke kiri dan ke kanan,  berwarna coklat muda,
  4. Protista kelima yaitu protista yang kami lihat pada air sawah. Betuknya bulat, bergerak sangat cepat dan lurus, berwarna kecoklatan dan merupakan protista ciliata.


  1. Protista keenam yaitu protista yang kami lihat melalui pengamatan terhadap air kolam dasar pagi hari. Bentuknya bulat, bergerak sangat lambat, dan menggunakan rambut getar. Merupakan anggota ciliata. Warnanya merah kecoklatan


Jawaban :

  1. Protista lebih banyak hidup di air yang kotor karena di tempa yang kotor lebih banyak terdapat makanan dan zat- zat yang dibutuhkan oleh protista-protista itu
  2. Ada, semakin kotor airnya maka semakin banyak protistanya, karena di air yang kotor lebih banyak mengandung zat-zat yang diperlukan protista-protista. Bahkan kami menemukan, akan lebih banyak protista pada air dengan gumpalan-gumpalan, yang terlihat seperti gumpalan kotoran, karena protista – protista itu terlihat sedang makan.
  3. filum yang paling banyak kami temukan yaitu kelompok flagellata
  4. ada bermacam-macam gerakan, ada yang berputar dengan lambat, ada yang berlekuk-lekuk, ada yang berjalan dengan cepat, ada yang berjalan dengan lambat. Semua gerakan itu tergantung dari alat gerak yang mereka miliki.

Simpulan :
            Simpulan dalam kegiatan kami mengamati protista dari air-air yang telah kami cari, adalah ada bermacam-macam protista dengan berbagai bentuk dan jenis, yang ada di air  kotor, dan semakin kotor airnya semakin banyak protistanya, karena di air yang kotor lebih banyak mengandung zat-zat yang diperlukan protista-protista. Protista itu tidak sedikit yang dapat menyebabkan penyakit. Jadi kita sebaiknya tidak mengkonsumsi atau bermain di air-air kotor itu

4 komentar: